Workshop Kurikulum Berbasis KKNI FMIPA UM 2015 Di ikuti Tim Kurikulum UNTAN TANJUNGPURA KALBAR

REVIU DAN REVISI KURIKULUM BERBASIS KKNI FMIPA UM 2015

DIIKUTI TIM KURIKULUM UNTAN TANJUNGPURA KALBAR

Suasana Workshop Kurikulum Saat Perwakilan Tim Kurikulum Mempresentasikan Hasil Reviu, dan Pertukaran Cendera Mata antar Dekan FMIPA UM dengan Ketua Tim Kurikulum UNTAN Tanjungpura, 26 Mei 2015

Suasana Workshop Kurikulum Saat Perwakilan Tim Kurikulum Mempresentasikan Hasil Reviu, dan Pertukaran Cendera Mata antar Dekan FMIPA UM dengan Ketua Tim Kurikulum UNTAN Tanjungpura, 26 Mei 2015

Dalam rangka mempersiapkan masa perkuliahan tahaun akademik 2015/2016 FMIPA UM telah melakukan reviu Kurikulum FMIPA UM Berbasis KKNI yang sudah diterapkan sejak tahun ajaran 2013/2014. Reviu dilakukan atas dasar Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang dikeluarkan oleh Direktorat BELMAWA Ditjen DIKTI pada Bulan Agustus 2014 (Draf 2). Sebagaimana diketahui bahwa sejak Tahun 2000 Ditjen DIKTI Depdiknas mengeluarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusuan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilian Hasil Belajar Mahasiwa, yang kemudian diperkuat lagi dengan dikeluarkannya Keputusa Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, yang intinya memuat tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Elemen Kompetensi. Namun sejak dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan diperkuat dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Pendidikan Tinggi maka FMIPA UM telah melakukan perbaikan dan penyusunan Kurikulum baru yang berbasis KBK dan KKNI sejak Tahun 2013/2014.

Reviu dan revisi dilakukan dalam 3 kali pertemuan rapat koordinasi dan workshop di lingkungan FMIPA, yang diikuti oleh sekitar 30 orang tim pengembang kurikulum masing-masing prodi, koprodi S1, S2, S3 dan PPG, ketua jurusan dan sekretaris jurusan, Kasubag Akademik, Kabag TU FMIPA, serta dekanat. Pada Workshop Tanggal 25 Mei 2015 lalu para Tim Pengembang Kurikum mempresentasikan hasil kerja reviu dan revisi kurikulum, yang secara kebetulan diikuti oleh tim kurikulum dari FKIP UNTAN Tanjungpura Kalimantan Barat, yang sedang melakukan studi banding penyusunan Kurikulum KBK (dari tanggal 24-26 Mei 2015). Tim Kurikulum UNTAN yang mengikuti workshop sejumlah 7 orang berasal dari Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Workshop reviu dan revisi Kurikulum FMIPA UM berbasis KKNI tahun 2015 dipimpin oleh Wakil Dekan I (bidang akademik) mengahsilkan beberapa rekomendasi perbaikan, antara lain: 1) masing-masing prodi telah melakukan penyesuaian Capaian Pembelajaran (CP) atau Learning Outcome (LO) dengan rumusan CP minimal yang telah dirumuskan bersama oleh asosiasi prodi sejenis untuk prodi Matematika (INDOMS), Fisika (HFI), Kimia (HKI), Biologi (KOBI) yang juga telah diverifikasi oleh tim kurikulum BELMAWA DIKTI; 2) perumusan CP dicoba untuk disesuaikan dengan panduan DIKTI (4 unsur rumusan CP); 3) struktur matakuliah telah dihasilkan dari pemaduan CP dengan bahan kajian; 4) seluruh proses penyusunan kurikulum prodi (analisis SWOT dan tracer study, penetapan profil, perumusan CP, penetapan bahan kajian, penetapan struktur program/matakuliah dan deskripsinya, serta pemilihan landasan filosofis dan yuridis akan disusun menjadi naskah akademik kurikulum prodi; 5) masing-masing prodi akan memfinalisasi struktur kurikulum dan kelengkapannya menjadi isi Katalog FMIPA UM dan masing-masing Prodi sampai dengan minggu 5 Juni 2015. Selanjutnya katalog tersebut akan menjadi dasar penyusunan jadwal kuliah Semester Gasal 2015.

Dalam kesempatan workshop ini telah dilakukan tanya jawab dan klarifikasi dari Tim Kurikulum FKIP UNTAN Tanjungpura. Dalam komentar terakhirnya, Ketua Tim menyatakan bahwa FMIPA UM telah jauh lebih dahulu mengembangkan Kurikulum PT berbasis KKNI, sementar FKIP UNTAN sendiri baru mulai sosialisasi KKNI pada tahun 2015 ini. Oleh karena mereka sangat bersyukur dapat belajar banyak dari FMIPA UM. (wd-1-fmipa)