Workshop Penulisan Artikel Dalam Jurnal Internasional Bereputasi

52 0

Menulis laporan merupakan bagian penting dari suatu pekerjaan ilmiah. Apa pun hasil yang diperoleh jika tidak dilaporkan maka tidak akan ada gunanya bagi orang lain. Selain itu laporan ilmiah juga berfungsi dalam hal mengkai silang hasil atau temuan antar peneliti. Lebih spesifik, menulis laporan ilmiah tampaknya menjadi kendala tersendiri bagi kebanyakan orang.

Banyak orang gemar menulis laporan ilmiah, menulis artikel dalam jurnal ilmiah. Namun bagi sebagian besar peneliti, dosen atau mahasiswa, menulis artikel masih menjadi kendala. Terlebih lagi jika artikel yang akan ditulis diperuntukkan bagi jurnal internasional bereputasi. Kata bereputasi muncul belakangan dengan adanya kenaikan pangkat bagi dosen. Istilah definitif yang digunakan Dikti untuk bereputasi adalah terindeks oleh scopus, ISI, Thomson, atau yang setara. Belum lagi masalah penulisan artikel yang dikaitkan dengan jurnal-jurnal predator.

Workshop Penulisan Artikel Dalam Jurnal Internasional Bereputasi

Dalam rangka meningkatkan Publikasi Karya Ilmiah Dosen FMIPA yang bereputasi maka FMIPA Universitas Negeri Malang mengadakan Workshop Penulisan Artikel Dalam Jurnal Internasional Bereputasi. Terminologi bereputasi oleh Dikti diterjemahkan sebagai publikasi artikel dalam jurnal internasional terindeks pada data base internasional dan berfaktor dampak (impact factor) atau Publikasi dalam Jurnal nasional Terkareditasi. Para Peseta Utama dari Workshop ini adalah dosen FMIPA yang bergelar Profesor, ketua peneliti yang mendapatkan hibah penelitian DP2M Dikti Tahun 2015, dan Para Pembimbing S3. Setiap Jurusan ditunjuk Tim Pendamping Penulisan karya Ilmiah, yang akan mendampingi Para peserta saat pendampingan Klinis Artikel.

Workshop Penulisan Artikel Dalam Jurnal Internasional Bereputasi Tahun 2015 dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 26 s.d 27 Juni 2015, dibuka Oleh Rektor Universitas Negeri Malang, dan dipimpin oleh Dekan FMIPA UM. Workshop dihadiri oleh 96 orang Dosen dengan 12 dosen sebagai Tim Pendamping Jurusan. Workshop disajikan dalam bebera sesi, secara garis besar metode penjajian adalah pemaparan materi secara teori dan dilanjutkan dengan pendampingan. Dengan metode ini diharapkan peserta mendapatkan pengetahuan dan kemampuan yang komprehensif. Materi disajikan oleh Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, Ketua LPPM ITB, fokus pada Strategi Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Artikel terindeks dan penulisan artikel ilmiah dalam jurnal internasional dan pendampingan.

Dalam kesempatan workshop ini telah dilakukan tanya jawab dan pendampinagn klinis dengan Prof. Dr. Eng. Khairurrijal. Para Dosen sangat bersyukur dapat belajar banyak dengan adanya kegiatan Workshop tersebut dilaksanakan di FMIPA UM.

Related Post

SCI-LYMPIAD (Olimpiade Sains) 2015 HMP IPA

Posted by - November 8, 2015 0
“SCI-LYMPIAD (Olimpiade Sains) 2015 HMP IPA” Ajang Pencetak Generasi Muda yang Berkompeten, Kritis, dan Sportif  Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA menggelar…