SCI-LYMPIAD (Olimpiade Sains) 2015 HMP IPA

51 0

“SCI-LYMPIAD (Olimpiade Sains) 2015 HMP IPA”
Ajang Pencetak Generasi Muda yang Berkompeten, Kritis, dan Sportif

 Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA menggelar final Olimpiade Sains Tingkat SMP/MTs Se-Malang Raya pada tanggal 17 Oktober 2015. “Olimpiade Sains ini merupakan salah satu agenda tahunan penting HMP IPA, yang dilaksanakan pertama kalinya sejak tahun ini”, ujar Nur Fuaidah sebagai Ketua HMP.

Olimpiade Sains diikuti hampir sekitar 140 peserta, terdiri atas siswa jenjang pendidikan SMP/MTs, yang merupakan hasil seleksi tingkat kota se-Malang Raya. Olimpiade Sains 2015 kali ini mengangkat tema “Mengembangkan Generasi Muda yang Berkompeten, Kritis, dan Sportif”. Melalui tema tersebut, HMP IPA ingin mencetak siswa-siswi SMP/MTs yang tidak hanya berprestasi dalam bidang IPA saja melainkan juga mampu berkompetisi secara sehat. Acara ini memperbutkan juara 3 besar dengan melalui 3 tahap penilaian yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan final.

Bapak Sugiyanto, Dosen Prodi Pendidikan IPA saat membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu ajang berkompetisi dalam meningkatkan intelektualitas pelajar SMP/MTs dalam bidang sains secara sportif, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang handal di masa depan. “Tak hanya itu, kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi, membentuk pribadi dengan pola pikir logis, kritis, sistematis, produktif, inovatif, dan kreatif serta mengenalkan Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang kepada masyarakat luas,” ucapnya.
Sementara itu, Ibu Metri Dian Insani, S.Si, M.Pd, Pembina HMP IPA disela kegiatan olimpiade menyampaikan bahwa moment ini sangatlah berharga bagi para pelajar SMP/MTs. “Perlombaan ini jangan saja sebagai ajang untuk memperoleh juara 1, sebab kalah menang dalam kompetisi itu hal yang biasa, namun terlepas dari itu semua kegiatan ini dapat juga menjadi salah satu tolak ukur dalam mengasah kemampuan dan keterampilan ilmiah bagi pelajar itu sendiri,” paparnya.

Wilda Muhimmatun Nisa, Ketua Pelaksana Olimpiade mengatakan acara ini merupakan program yang digagas oleh bidang penalaran, “Semoga adik-adik SMP/MTs dapat menunjukan kualitasnya dengan baik dalam penguasaan IPA pada olimpiade kali ini,” ujarnya saat berpesan kepada para peserta.

Pemenang Olimpiade Sains tahun ini diraih oleh Arya Agung Hari dari SMP Negeri 1 Malang, sedangkan juara kedua Cliff Christsandy dari SMPK Kolese Santo Yusuf 2 dan juara ketiga Putri Aisyiana dari SMP Negeri 1 Malang. Pemenang membawa pulang tropi dan sertifikat serta uang pembinaan.

hmp ipa 2

Related Post