Didanai Dikti, 5 Tim PKM Mahasiswa Mampu Membanggakan Prodi IPA

Semangat berkompetisi mahasiswa prodi IPA ditunjukkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun ini telah menuai hasil. Di tahun 2016, terdapat 5 tim dari prodi IPA yang proposalnya berhasil mendapatkan kucuran dana dari Dikti.

Proposal-proposal PKM tersebut terdiri dari 1 PKM Pengabdian Masyarakat dan 4 PKM-Penelitian. Kaprodi pendidikan IPA Dr. Munzil, S.Pd, M.Si mengaku bangga atas prestasi tersebut karena menurutnya dari 65 proposal PKM yang diajukan, beruntung ada 5 yang diterima dan didanai.

Kaprodi mengungkapkan, prodi IPA akan berusaha memfasilitasi hal-hal yang sekiranya dapat membantu mahasiswa dalam menjalankan PKMnya. Hal ini menurutnya akan memotivasi mahasiswa untuk terus melakukan kreasi dan inovasi. Karena itu, kata Kaprodi, para mahasiswa tidak boleh berhenti sampai proposal PKM dan programnya didanai Dikti saja. Mereka juga harus menyelesaikan programnya hingga bisa masuk ke Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas).

Senada dengan Kaprodi IPA, pendamping HMPS IPA Metri Dian Insani, S.Si, M.Pd menuturkan, untuk menggenjot jumlah partisipan mahasiswa pengusul PKM, akan ada kegiatan workshop penyusunan PKM yang dikoordinir HMP dengan menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya baik dari dosen senior, praktisi, maupun alumni. “Selain itu nantinya juga tugas-tugas mata kuliah yang ada relevansinya dengan PKM bisa langsung diarahkan ke PKM,” jelasnya.