Seleksi Mahasiswa IPA Peserta Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) ke Singapura 2016

Tahun 2016 ini, prodi IPA UM berkesempatan untuk mengirimkan mahasiswanya dalam rangka Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) ke Singapura. Program KPL ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa calon guru IPA agar menguasai kemampuan keguruan yang utuh dan terintegrasi, sehingga setelah menyelesaikan pendidikannya mereka siap untuk secara mandiri mengemban tugas sebagai guru.

“KPL ini terbuka bagi seluruh mahasiswa IPA, silahkan bagi yang berminat untuk membuktikan dirinya sebagai calon pendidik yang berkompeten sekaligus berkesempatan mendapatkan pengalaman berharga merasakan atmosfer pendidikan di luar negeri”, ujar Kaprodi IPA Dr. Munzil, S.Pd, M.Si di sela-sela kegiatan forum komunikasi dosen dan mahasiswa. LP3 UM mengamanatkan untuk seleksi administrasi dan akademik dilakukan oleh prodi, sedangkan tahap akhir wawancara akan dilakukan langsung oleh LP3 sendiri.

Pelaksanaan seleksi akademik sangat mendebarkan, para mahasiswa peserta seleksi KPL berlomba lewat mikroteaching dalam bahasa inggris. Dosen yang terlibat dalam penilaian diambil dari prodi IPA, yaitu Safwatun Nida, S.Si, M.Pd, Erni Yulianti, S.Pd, M.Pd, Novida Pratiwi, S.Si, M.Sc, dan Metri Dian Insani, S.Si, M.Pd

kplProgram KPL ini sangat menarik minat para mahasiswa IPA. Terbukti tercatat 28 orang mahasiswa mendaftar di kantor prodi. Kaprodi juga menambahkan untuk selanjutnya mahasiswa yang terpilih akan mengikuti kegiatan KPL di Sekolah Indonesia Singapura (SIS) selama 3 bulan  (Agustus-Oktober 2016). Hingga sekarang proses seleksi masih terus berlanjut, pengumuman mengenai mahasiswa yang terpilih akan dimuat di website LP3.um.ac.id.