KEGIATAN PENGABDIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA UM MELALUI PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BERBASIS PTK UNTUK MGMP IPA SMP SE-KABUPATEN PASURUAN

31 0

Malang, 9 Agustus 2016

 20160806_091229

 

Dalam rangka melaksanakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen program studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2016 dengan mengundang guru-guru IPA se-Kabupaten Pasuruan. Para dosen terdiri dari Koorprodi Pendidikan IPA Dr. Munzil, S,Pd., M.Si., Kepala Laboratorium IPA Sugiyanto, S.Pd., M.Si., bersama dengan dosen pendamping lainnya yaitu Safwatun Nida, S.Si., M.Pd., Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd., Erni Yulianti, S.Pd., M.Pd., Novida Pratiwi, S.Si., M.Sc., dan Metri Dian Insani, S.Si., M.Pd.

 

Acara yang dihadiri oleh 100 orang guru IPA se-Kabupaten Pasuruan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan sambutan oleh Perwakilan Guru Mapel IPA dilanjutkan dengan Koordinator MGMP dan MKKS Kabupaten Pasuruan. Pada kesempatan tersebut, Koorprodi Pendidikan IPA memperkenalkan profil program studi beserta layanan yang ada seperti kunjungan laboratorium, pelatihan blended learning, bahkan sertifikasi kompetensi laboratorium IPA. Pada saat paparan materi, beliau menyampaikan bahwa sesuai peraturan pemerintah dan UU tentang Guru dan Dosen bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, dan sebagainya. Guru harus memiliki sejumlah hak peningkatan pangkat profesionalnya. Untuk memperoleh hak kenaikan pangkat diperlukan kemampuan guru dalam penulisan karya tulis ilmiah melalui penelitian tindakan kelas (PTK).

 

“Agenda inti pada kegiatan pengabdian kali ini adalah menyusun artikel ilmiah yang dimulai dengan mengidentifikasi masalah dan menentukan tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut yang kemudian dirumuskan sebagai judul artikel. Selanjutnya disusun komponen artikel berikutnya yaitu latar belakang masalah dan metode”, kata Dr. Munzil, S.Pd., M.Si. yang memberikan penjelasan secara jelas dan senantiasa terus memberikan semangat kepada para guru untuk tidak berputus asa dalam menuangkan ide PTK dalam bentuk tulisan. Manakala PTK yang dilakukan tidak pernah ditulis untuk dipublikasikan maka hal itu sama sekali tidak akan memberikan manfaat baik kepada guru yang bersangkutan maupun kepada kolega guru maupun masyarakat luas.

 

Di akhir penjelasannya, beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah membantu guru agar memahami prinsip dan prosedur PTK, mampu melakukan PTK dari tahap planning, action, observation, sampai reflection serta mampu menyajikan hasil PTK dalam bentuk artikel ilmiah. Rencananya pada tanggal 1 Oktober 2016, program studi Pendidikan IPA UM akan menyelenggarakan SEMINAR NASIONAL IPA yang dapat memfasilitasi para guru dalam mempublikasikan artikel yang telah dibuat pada setelah mengikuti pelatihan ini.

 

 

Related Post

Pimpinan Fakultas

Posted by - October 27, 2015 0
  Pejabat FMIPA Universitas Negeri Malang Tahun 2015-2019.   No Jabatan Nama NIM Foto 1 Dekan FMIPA UM Dr. Markus…

Pendatanganan Kontrak Kerja

Posted by - October 22, 2015 0
Pada Hari Rabu, Tanggal 19 Mei 2015, dilaksanakan penandatanganan kontrak kinerja para Wakil Dekan dengan Dekan FMIPA UM dan Para…