Kuliah Umum Prodi IPA FMIPA UM: Mempersiapkan Diri menjadi Guru Berkompetensi Internasional

Kuliah Tamu di IPA

Malang, 19 Agustus 2016

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang (UM) sukses menyelenggarakan kuliah umum, Jum’at (19/8) di Gedung GKB 102. Kegiatan yang mendatangkan narasumber dari Lembaga Konsultan Pendidikan “ Uhud Education”, yaitu Umar Kadafi, S.Pd., CHt., Ci. ini diikuti peserta sebanyak 63 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA.

Materi kuliah umum disampaikan dengan penuh semangat meskipun dilaksanakan pada siang hari pukul 13.00 WIB. Antusiasme tampak terlihat di wajah para peserta yang hadir. Kuliah tamu kali ini mengangkat tema “Mempersiapkan Diri menjadi Guru Berkompetensi Internasional”.

Dalam pemaparan materi yang disampaikan narasumber menjelaskan bahwa ke depannya mahasiswa sebagai calon guru IPA harus lebih berkompetensi internasional sehingga menjadi pendidik yang profesional. Sedini mungkin mahasiswa Prodi Pendidikan IPA yang merupakan calon pendidik diharapkan dapat melaksanakan pengembangan diri, publikasi dan inovasi. Ada 4 pengembangan diri yang harus dikembangkan secara terus-menerus yaitu kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. Diperkirakan tahun 2016 nanti untuk menjadi seorang guru tidak perlu memegang ijazah sarjana pendidikan. Ini berarti akan terbuka lebar peluang bagi sarjana non kependidikan untuk menjadi guru. Hal itu berarti semakin kompetitif bagi seseorang untuk menjadi guru. Oleh karena itu setiap mahasiswa wajib untuk mengembangkan kompetensi untuk dapat survive di dunia kerja era globalisasi.

Print