Pengalaman Wahyulia, Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Angkatan 2013 dalam Ajang PIMNAS 2016

35 0

PIMNAS-29-IPB-2016 WAHYULIA

Assalamualaikum.. Perkenalkan saya Wahyulia Diah A.T. PIPA UM 2013 dan sempat mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu peserta PIMNAS 2016 dalam bidang PKM-K. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing saya Ibu Siti Imroatul Maslikha, M.Si. dan juga tim saya, Lely H (2014) dan Nur Fitria (2014), serta saya ucapkan selamat kepada semua peserta yang lolos PIMNAS 2016. Kita  harus tetap bersyukur dengan hasil yang telah diperoleh. Notabennya kita sudah berhasil menyisihkan ribuan proposal dari penjuru universitas di Indonesia. Walaupun kadang kita merasakan proposal kita belum maksimal. Dan kita tidak menyangka bahwa proposal kita akan lolos PIMNAS. Namun, yakinlah bahwa ini adalah sebuah keberuntungan, dan percaya bahwa proposal kita memang layak untuk menjadi juara.

Saya akan menyampaikan pengalaman saya mulai dari awal hingga lolos PIMNAS. Diawali dari sebuah pemikiran sederhana tim kami yang memikirkan begitu banyaknya hasil alam di sekitar kampus yang tidak termanfaatkan yaitu sawo kecik (Manilkara kauki) menjadi sebuah ide yang dituliskan dalam proposal hingga proposal tersebut lolos untuk didanai DIKTI. Setelah mendapatkan kabar bahwa proposal kami didanai, maka kami segera melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan proposal tersebut, melakukan koordinasi dengan anggota tim yang lain dan juga bersama dosen pembimbing. Karena ini adalah PKM-K, maka kita harus membuat produk yang dapat diperjualbelikan kepada masyarakat.

Produk yang kita buat adalah PERMAI (Permen Manilkara kauki), yaitu permen yang berasal dari buah sawo kecik. Untuk membuatnya kita membutuhkan bahan dan peralatan, maka dibelilah bahan dan alat tersebut, kemudian kita membuat  permen. Untuk pembuatan permen saja kita membutuhkan percobaan yang beberapa kali gagal sebab tidak mendapatkan hasil yang bagus. Tektur, rasa dan bentuk dari permen harus diperhatikan untuk menarik konsumen. Andai saja anggota tim kita memiliki rasa putus asa dalam membuat produk ini maka semua tidak akan berjalan dan tidak akan sampai ke PIMNAS, tetapi karena rasa percaya diri dan usaha yang besar dari kelompok kami serta masukan dan motivasi dari dosen pembimbing, kami tetap berusaha dan melaksanakannya. Selama melaksanakan kegiatan kita juga mendokumentasikan semua kegiatan, sebagai bukti kegiatan kita yang akan ditempelkan ke logbook. Logbook ini adalah data semua kegiatan yang kita lakukan yang harus diupload setiap saat di website simlitabmas, dan juga membuat laporan kemajuan untuk dipresentasikan saat MONEV (Internal dan Eksternal). Monev internal dan Monev Eksternal ini adalah adalah Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan oleh tim dosen penalaran. Monev Internal yang menilai kita adalah tim dosen penalaran dari kampus sendiri sedangkan Monev Ekternal skalanya sudah nasional, yang menilai kita adalah Tim dosen penalaran dari universitas lain. Dan pada hasil pengumuman proposal kita dinyatakan lolos PIMNAS dari sekian ribu proposal yang mendaftar, dan sekian ratus yang didanai, terdapat 23 tim dari universitas kita (UM) yang lolos PIMNAS, dan salah satunya adalah TIM PERMAI.

Setelah dinyatakan lolos PIMNAS, kita dikumpulkan untuk melaksanakan kegiatan karantina yang dilaksanakan di Hotel Aster Batu selama 3 hari. Selama kegiatan karantina kita mendapatkan pengarahan dari para tim ahlinya, yaitu mengenai tampilan PPT yang baik dan bagus, tampilan POSTER, tata cara bersikap dan tata cara presentasi yang baik dan benar. Selain mendapatkan ilmu-ilmu tersebut para peserta juga mendapatkan motivasi, layanan baik di hotel dan juga uang saku. Selanjutnya kegiatan selama PIMNAS, PIMNAS dilaksanakan pada tanggal 8-12 Agustus 2016. Kita perjalanan padsa 6-7 Agustus. Pada tanggal 8 kita melakukan adminiatrasi dilanjut pemasangan poster dan pada siang hari kita mengikuti Studium General yang pembicaranya adalah bapak Choirul Tanjung, seorang pengusaha yang sukses, disana kita mendapatkan motivasi dan ilmu tentang kewirausahaan. Dan malam harinya adalah acara pembukaan PIMNAS ke-29 yang begitu banyak hiburan yang ditampilkan. Tanggal 9 pukul 8.00-12.00 ada penilaian poster oleh tim juri, dan berjaga hanya satu peserta dari setiap tim, saat penjurian kita harus menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh TIM juri. Pukul 13.00-17.00 adalah waktu untuk presentasi hasil kegiatan dari PKM kita, sebagian ada yang presentasi pada tanggal 10 Agustus, presentasi yang ditampilkan harus menarik dan menyakinkan,  saat presentasi kita akan ditanya oleh tim juri bagaimana kemajuan dari hasil yang kita capai, berapa omset yang telah kita dapatkan (untuk PKM-K), pertanyaan dan pernyataan dari tim juri kadang ada yang membuat sakit hati namun kita harus tetap menanggapinya dengan penuh percaya diri, selain itu kita juga akan mendapatkan masukan yang dapat menjadikan  produk kita lebih menarik dan layak untuk konsumen. Pada tanggal 11 Agustus dilakukan kegiatan jalan sehat dilanjut dengan penanaman pohon untuk setiap universitas. Selama kegiatan PIMNAS kita mendapatkan banyak sekali fasilitas yaitu makanan, asrama, transportasi, uang saku, dan juga LO dari panitia yang akan membantu kita selama di IPB (Institut Pertanian Bogor), berbicara mengenai IPB, kita disana juga dapat berkeliling menggunakan Moli (mobil listrik) untuk melihat begitu luasnya dan sejuknya kampus IPB dengan begitu banyak jenis tanaman di dalamnya.

Suatu pengalaman yang berharga untuk bisa menjadi salah satu peserta PIMNAS. Tidak semua mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ini,  hanya para mahasiswa yang mau berusaha dan keberuntungan yang dapat membawanya. Untuk para Mahasiswa UM mari kita berkarya untuk menggapai prestasi gemilang. Mari berinovasi dan berkreasi untuk berprestasi. tetap semangat, berusaha dan berdoa. PIMNAS 2017…!! UM JUARA…!!

Related Post

Pimpinan Fakultas

Posted by - October 27, 2015 0
  Pejabat FMIPA Universitas Negeri Malang Tahun 2015-2019.   No Jabatan Nama NIM Foto 1 Dekan FMIPA UM Dr. Markus…