PENINGKATAN KUALITAS GURU IPA DI KABUPATEN PASURUAN MELALUI PTK

35 0

Malang, 10 Agustus 2016

 

 20160806_131029

 

Pada tanggal 6 Agustus 2016, program studi Pendidikan IPA menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Pasuruan. Acara yang dihadiri oleh sekitar 100 orang guru tersebut menghadirkan narasumber dosen program studi Pendidikan IPA Dr. Munzil, S,Pd., M.Si., Sugiyanto, S.Pd., M.Si., Safwatun Nida, S.Si., M.Pd., Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd., Erni Yulianti, S.Pd., M.Pd., Novida Pratiwi, S.Si., M.Sc., dan Metri Dian Insani, S.Si., M.Pd.

 

Dalam pelatihan tersebut salah satu narasumber Kepala Laboratorium IPA Sugiyanto, S.Pd., M.Si menjelaskan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Namun dalam perkembangan selanjutnya, penelitian tindakan tersebut akan memberikan manfaat secara luas apabila dipublikasikan dalam jurnal ilmiah ataupun melalui seminar.

 

Beliau juga membimbing para guru untuk proaktif melakukan refleksi guna menemukan variabel dampak sebagai suatu masalah yang bersumber di kelas dengan cara mendiagnosis kelemahan kegiatan pembelajaran, rendahnya kualitas proses belajar atau hasil belajar siswa. Selanjutnya, beliau meminta para guru untuk menemukan solusi tindakan yang tepat baik secara teoritis maupun rasional dapat berdampak positif pada variabel dampak yang dipilihnya.

 

Selama proses pendampingan,, dosen membagi diri dalam 6 kelompok agar dapat lebih intens mengarahkan para guru untuk menemukan permasalahan urgent yang terjadi di kelas sehingga dapat dijadikan ide dalam penulisan artikel berbasis PTK. Kegiatan pelatihan berakhir pada pukul 16.00 WIB, guru tampak puas dengan seluruh penjelasan yang dipaparkan oleh para narasumber. Sebelum acara ditutup dengan doa, Koorprodi Pendidikan IPA Dr. Munzil S.Pd., M.Si mengingatkan para guru untuk melanjutkan penulisan artikel ilmiahnya dengan cara berkonsultasi dengan para dosen pendamping melalui email.

Related Post

MUNAS VI FORMIPA Indonesia

Posted by - May 20, 2016 0
Pada jumat, 20 mei 2016 rangkaian acara Munas VI FORMIPA Indonesia dilaksanakan di aula FMIPA Universitas Negeri Malang. Malang menjadi…