Pengalaman Mengajar di Malaysia: Marta Refila Malik Pendidikan IPA/Off B/2014

390 0

Setiap orang hendaknya selalu meningkatkan kemampuan berpikir dalam hal apapun. Kemampuan berpikir ini akan menunjukkan kepribadian seseorang dalam menghadapi setiap persoalan yang ada. Kemampuan berpikir, tidak terlepas dari ilmu yang dimiliki seseorang. Seperti firman Allah SWT dalam Q.S. At Thaha, hanya kepada Allah kita meminta untuk ditambahkan ilmu.

Ilmu yang saya peroleh, ketika mengajar di SMK Taman Desa Skudai Malaysia dalam kegiatan KPL dan KKN adalah bagaimana cara mengajar di kelas. Saya mengajar selama kurang lebih satu bulan di bulan Agustus 2017. Supervisor saya, Prof. Dr. Johari Surif merupakan dosen fakulti pendidikan jurusan kimia di Univerisiti Malaysia. Beliau menyarankan, agar setiap melakukan pembelajaran, guru hendaknya menerapkan minimal salah satu nilai moral. Misalnya kebersihan, guru harus memastikan di awal atau di akhir pembelajaran, siswa tidak boleh meninggalkan sampah. Selain supervisor, saya juga dibimbing oleh guru pamong sains di SMK tersebut. Guru pamong saya, Cikgu Nor Aida Binti Muhammad Sum, selalu mengingatkan saya untuk menggunakan waktu se-efektif mungkin dalam kegiatan pembelajaran. Beliau menyarankan, dalam pembelajaran, hendaklah guru memberikan pujian kepada siswa yang berpendapat. Selain itu, guru perlu meningkatkan kegiatan komunikasi antarsiswa maupun antara siswa dan guru.

Dalam pembelajaran di kelas, saya menggunakan kegiatan diskusi dan tanya jawab. Sebelum pembelajaran, saya memberikan gambar maupun video tentang topik yang akan di diskusikan. Pelajar selalu saya ajak untuk berkomunikasi dengan saya maupun dengan teman – teman sekelasnya. Pemberian kuis secara berkelompok pernah saya lakukan, dan hal itu menunjukkan bahwa pelajar sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Bagi kelompok yang menang dalam kuis tersebut, cikgu Aida sarankan untuk memberi hadiah, dan saya memberikan kepada mereka koin Indonesia Rp 1000.

Ketika pertengah

Sebelum kegiatan berlangsung, saya di bimbing oleh Prof. Dr. Muhammad Ali, beliau adalah salah satu dosen di Universiti Teknologi Malaysia. Beliau berpesan kepada para mahasiswa KKN dan KPL, dalam hal mengajar, seorang guru hendaknya :

  • Memahami karakter budaya
  • Memahami budaya sekolah
  • Membangun kedisiplinan kepada siswa
  • Tidak menghakimi siswa dalam arti mengatakan siswa salah atau hal-hal negatif lainnya
  • Menguasai materi dan tidak selalu melihat buku ketika mengajar
  • Membuat siswa aktif atau menggunakan metode yang mampu membuat siswa yang selalu melakukan aktivitas di dalam kelas, baik bertanya maupun menjawab pertanyaan
  • Seorang guru hendaknya selalu menerima kelebihan dan kekurangan siswa, selalu melihat kondisi psikologis siswa dan selalu bertatap mata dengan siswa bukan membelakangi siswa saat melakukan kegiatan pembelajaran.

Beberapa hal tersebut perlu dilakukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Setiap permasalahan dalam dunia pembelajaran pasti dapat diselesaikan oleh guru, apabila guru tersebut dapat menerima saran dan perkembangan teknologi. Semoga setiap guru dapat selalu menjadi guru yang haus akan ilmu.

Selain mengajar, terdapat kegiatan silang budaya untuk memperingati hari kebangsaan Malaysia dan Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, terdapat drama yang ditampilkan oleh pelajar Malaysia. Saya, menyanyikan lagu Indonesia Pusaka, dan dua orang teman saya dari UM membacakan musikalisasi puisi dan penampilan silat.

 

Kegiatan KKN kami dibuka dengan adanya karnaval yang diadakan oleh pihak sekolah dan ditutup dengan selesainya pembuatan mural yang dibuat oleh saya, dan teman-teman saya dari Universitas Negeri Makassar.

 

 

Related Post