Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang mencanangkan Program IPA untuk Indonesia untuk menghadapi masalah pendidikan di masa Pandemi COVID-19 saat ini. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru IPA se-Indonesia untuk meningkatkan kompetensi-kompetensi yang diperlukan oleh guru IPA dalam menghadapi proses pembelajaran di masa Pandemi COVID-19. Sebagai acara pembuka, Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang telah melaksanakan Workshop “Pembuatan Media Digital sebagai Sarana Belajar di Era COVID-19” yang dilaksanakan pada Hari Senin-Rabu, 15-17 Juni 2020 kemarin. Workshop ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi teleconference Zoom. Selain itu, workshop tersebut juga disiarkan langsung di Channel Youtube Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang dan Channel Youtube Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang yang masih bisa diakses hingga saat ini bagi yang belum berkesempatan mengikuti workshop tersebut.

Workshop “Pembuatan Media Digital sebagai Sarana Belajar di Era COVID-19” ini dibuka oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si. Beliau menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya bagi peserta yang mengikuti workshop dan memaparkan beberapa program kerja yang akan dilakukan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang selama masa Pandemi COVID-19 ini untuk membantu guru-guru se-Indonesia untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya ke peserta didik. Pro. Dr. Hadi Suwono, M.Si. juga menyampaikan bahwa selama beberapa minggu ke depan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang melalui beberapa Jurusan dan Program Studi di bawahnya akan aktif mengadakan Webinar dan Workshop secara online bagi guru, dosen, mahasiswa, dan praktisi pendidikan secara gratis untuk mendukung pembelajaran daring selama masa Pandemi COVID-19 ini.

Workshop tersebut terdiri dari 4 materi utama yang dibagi menjadi 2 hari. Materi pertama adalah “Pembuatan Video Pembelajaran Sederhana” oleh Bapak Muhammad Fajar Marsuki, S.Pd., M.Sc. dan materi kedua adalah “Pemanfaatan Google Form dalam Asesmen” yang disampaikan oleh Ibu Yessi Affriyenni, S.Pd., M.Sc. pada hari pertama, Senin, 15 Juni 2020. Materi ketiga adalah “Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Quizziz” oleh Ibu Isnanik Juni Fitriyah, S.Pd, M.Si. dan materi keempat adalah “Pembuatan Kuliah Online menggunakan Google Classroom melalui Handphone Android” yang disampaikan oleh Bapak Agung Mulyo Setiawan, S.Pd., M.Si. pada hari kedua, Selasa, 16 Juni 2020. Pada hari ketiga, beberapa peserta diminta untuk mempresentasikan produk hasil workshopnya sesuai dengan materi yang disampaikan. Peserta yang berkesempatan menyampaikan materinya adalah Ibu Yana Sambeka (SDN Holland Village Manado), Ibu Ida wahyuni (SMPN 5 Malang), Bapak Nyoto Teguh Wiyono (SMP 2 Lawang), dan Hery Teguh Wiyono (SMP ISlamiyah Ngawi). Keempat peserta ini menunjukkan produk hasil workshopnya dan berhasil memotivasi sekitar 300 peserta workshop lainnya untuk tetap senantiasa meningkatkan kompetensi yang mendukung dalam proses pembelajarannya. Hari ketiga diakhiri dengan kesan dan pesan dari peserta workshop tentang pelaksanaan Workshop “Pembuatan Media Digital sebagai Sarana Belajar di Era COVID-19” yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang tersebut.