IPA UNTUK INDONESIA DARI UNIVERSITAS NEGERI MALANG: WORKSHOP PENILAIAN HOTS DAN PEMBELAJARAN STEM
Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang mencanangkan Program IPA untuk Indonesia dengan tujuan memberikan pelatihan dalam peningkatan kompetensi guru IPA se-Indonesia. Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang telah melaksanakan Workshop “Penilaian HOTS dan Pembelajaran STEM” yang dilaksanakan pada Hari Senin-Rabu, 29 Juni s.d 1 Juli 2020. Workshop ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi teleconference Zoom. Selain itu, workshop tersebut juga disiarkan langsung di Channel Youtube Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang dan Channel Youtube Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang yang masih bisa diakses hingga saat ini bagi yang belum berkesempatan mengikuti workshop tersebut.
Workshop “Penilaian HOTS dan Pembelajaran STEM” ini dibuka oleh Koorpodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang, Dr. Munzil, M.Si. Beliau menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya bagi peserta yang mengikuti workshop dan memaparkan beberapa program kerja yang akan dilakukan oleh Prodi IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang selama masa Pandemi COVID-19 ini untuk membantu guru-guru se-Indonesia untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya ke peserta didik.
Workshop tersebut terdiri dari 4 materi utama yang dibagi menjadi 2 hari. Hari pertama, Senin, 29 Juni 2020 materi yang disampaikan tentang “Instrumen Penilaian HOTS IPA” oleh Bapak Sugiyanto, S.Pd.,M.Si. dan materi kedua adalah “Aplikasi Instrumen Penilaian HOTS IPA” yang disampaikan oleh Ibu Vita Ria Mustikasari, S.Pd.,M.Pd. Pada hari kedua, Selasa, 30 Juni 2020 materi yang disampaikan tentang “Pengembangan Pembelajaran STEM” oleh Ibu Erni Yulianti, S.Pd.,M.Pd. dan materi keempat adalah “Aplikasi Pengembangan Pembelajaran STEM” yang disampaikan oleh Ibu Erti Hamimi, S.Pd., M.Sc. Pada hari ketiga, para pemateri mengevaluasi tugas yang sudah dikerjakan oleh peserta workshop sesuai dengan materi yang disampaikan. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa para peserta banyak mengeksplore ilmu yang diperoleh dari para pemateri terkait instrumen penilaian HOTS dan pembelajaran STEM untuk menjadikan proses belajar yang lebih menarik.