Upgrading merupakan kegiatan perkenalan antar pengurus baru untuk membangun rasa kekeluargaan dalam HMP IPA, serta sebagai pelatihan kepemimpinan, bekal dasar berorganisasi, dan pengembangan softskill. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Maret 2021. Upgrading tahun ini, dilaksanakan secara online melalui platform zoom dengan mengusung tema “Upgrade Your Passion, Be Familiar, and Step Further”.

Hari pertama kegiatan ini diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana, Umi laila Ramadhan, dilanjutkan dengan ketua umum HMP IPA Omega, Naufal Taufiqur, kemudian Pembina HMP IPA Omega, Ibu Erti Hamimi, S.Pd., M.Sc., dan diakhiri oleh sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Koordinator Program Studi Pendidikan IPA, Bapak Dr. Munzil, S.Pd., M.Si. kemudian acara dilanjukan dengan penyampaian materi – materi yang menarik, yaitu materi kepemimpinan oleh Mbak Febriana Nur Fauziyah, materi public speaking Mbak Fifi Suaidatur Rofik, dan materi administrasi Mbak Lilis Yuliati. Materi disampaikan secara interaktif agar peserta upgrading tidak merasa bosan dan dapat menerima materi dengan baik.

Hari kedua, agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi design oleh Yusuf Mardhani dan Risca Shintya Putri. Pada saat penyampaian materi design, peserta dapat langsung mempraktikkan pembuatan design menggunakan laptop masing-masing yang telah terpasang aplikasi Corel Draw. Untuk menambah semangat peserta upgrading, acara diselingi dengan game TTS melalui google spreadsheet. Sebelumnya peserta telah dibagi ke dalam beberapa kelompok, game ini juga bertujuan untuk melatih peserta bekerja sama dalam tim.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang proposal kegiatan terbaik.  Proposal ini akan di realisasikan dalam simulasi program kerja. Proposal kegiatan terbaik dimenangkan oleh Desi  Fitriaska dengan kegiatan malam puncak upgrading dan mengusung tema “Find New Family, Make Teamwork, Get A Good Performance”.

Untuk melakukan persiapan simulasi program kerja, peserta dibagi ke dalam breakout room zoom sesuai dengan pembagian sie dalam proposal pemenang. Selanjutnya kegiatan simulasi program kerja diawali dengan rapat koordinasi dan disambung dengan pelaksanaan program kerja tersebut. Kegiatan Upgrading hari kedua diakhiri dengan prosesi pelantikan pengurus baru HMP IPA 2021.