Penerapan Pedagogical Content Knowladge (PCK) Dalam Meningkatkan Kemampuan Penyusunan Perencanaan dan Praktik Pembelajaran IPA Terpadu SMP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa calon peserta praktik pengalaman lapangan (PPL) Program Studi pendidikan IPA dalam merancang pembelajaran IPA terpadu SMP dan praktik pembelajarannya. Subyek penelitian terdiri dari 8 mahasiswa yang sedang dipersiapkan untuk Kompetensi Pengalaman Lapangan (KPL) di Sekolah Menenengah Pertama. Penggunaan PCK dalam perencanan pembelajaran diawali dengan pengenalan kontek melalui survey ke sekolah. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan analisis konten, penyusunan rancangan pelaksanan pembelajaran (RPP), penyusunan bahan ajar dan media pembelajaran, dan diahliri dengan kegiatan peer teaching. Hasil penelitian menujukkan perencanan pembelajaran yang melibatkan pemahaman siswa tentang kontek pembelajaran dan kemampuan mahasiwa dalam analisis konten  memberi dampak yang sangat baik pada kualitas rancangan pembelajaran yang dihasilkan mahasiswa. Analisis konten yang dilakukan dengan pola diksusi elaborasi kelompok memberi dampak pada peningkatan pemahamanan mahasiwa terhadap konten yang akan diajarkan pada siswa. Materi yang diangkat dalam penelitian ini adalah topik tentang cahaya dan Alat optik, sistem ekskresi , dan sistem transportasi dan sistem respirasi yang dikemas dalam pembelajaran IPA terpadu.

Kata kunci: Pedagogical Content Knowladge, PCK, pembelajaran IPA terpadu

Downlioad Full Text