PIPA604 PENILAIAN PENDIDIKAN IPA

PIPA604 PENILAIAN PENDIDIKAN IPA
Kompetensi : Memiliki pengetahuan tentang prinsip-prinsip penilaian pembelajaran IPA, penyusunan instrumen dan pemanfatan hasil penilaian sebagai penunjang untuk membelajarkan IPA.
Materi Pokok : (1) Fungsi dan prinsip penilaian pembelajaran IPA, (2) Jenis-jenis penilaian, (3) Penyusunan instrumen penilaian (kognitif, psikomotor, afektif), (4) Persyaratan instrumen penilaian, (5) Pemanfaatan hasil penilaian.
Pustaka : Miller, M. D., Linn, R. L. & Gronlund, N. E. 2012.  Measurement and Assessment in Teaching. New York: Pearson.

Popham, W. J. 2013. Classroom Assessment: What Teachers Need to Know ,7th Ed.New York: Pearson.

Rahayu, S. 2014. How to Evaluate Affective dimension in Chemistry Education. In Kahveci, M. & Orgill, M. (Eds). Affective dimensions in chemistry education. Heidelberg: Springer.

Safari. 2004. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non-Tes dengan Manual, Kalkulator dan Komputer. Jakarta: Depdiknas.

Surapranata, S. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis. Bandung: Remaja Rosda Karya.