PIPA607 PEMBELAJARAN IPA TERPADU
Kompetensi : Memiliki pengetahuan tentang konsep-konsep dasar IPA sekolah (Fisika, Kimia, Biologi dan IPBA)dan cara  pengintegrasiannya

sebagai landasan untuk mengembangkan dan membelajarkan IPA terpadu.

Materi Pokok : (1) Pengertian IPA terpadu, (2) Karakteristik pembelajaran IPA terpadu, (3) Strategi pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu, (4) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu, (5) Merancang/ mempraktekkan pembelajaran IPA terpadu.
Pustaka : Byers, A. 2008. Biology: Life on Earth with Physiology (8thedition). New Jersey: Pearson.

Hewitt, P.G., Lyons, S.A., Suchocki, J.A.&Yeh, J.2013.Conceptual Integrated Science, 2/E. New York:  Addison-Wesley.

Lynda Pennell, L. (Editor). 2007. Life Science. New Hampshire: CPO Science

Tillery, B., Enger, E. &Ross, F. 2010. Integrated Science. New York: McGraw-Hill Science/Engineering/Math.

Tim IPA Terpadu. 2010. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Secara Terpadu. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama

Trefil, J.& Hazen, R. 2009. The Sciences: An Integrated Approach. New York: Wiley.

Victor, E., Richard D., Kellough, R. D. &Tai, R. H. 2008. Science K-8: An Integrated Approach, 11/E. NewYork: Pearson