PIPA619 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN

PIPA619 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN
Kompetensi

 

 

Materi Pokok         :

 

 

Daftar Pustaka

 

:

 

 

:

 

 

:

Memiliki kemampuan  mengembangkan instrumen penilaian IPA di sekolah yang mencakup aspek kognitif (keterampilan berpikir tingkat tinggi), aspek afektif, dan aspek psikomotor.

Penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi yang mengacu pada taksonomi Bloom-Krathwhol, penilaian psikomotor (rubrik penilaian kinerja), dan penilaian afektif (sikap, dan karakter)

Krathwohl , D. R., 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An

McMillan, J. H. 2008. Assessment Essentials for Standards-Based Education. New York: Corwin Press.

Overview. Theory Into  Practice, Volume 41,  Number 4, Autumn

2002.

Popham, W.J. 2007. Classroom Assessment, What Teachers Need to Know. Boston: Allyn & Bacon.

Rahayu, Sri. 2013. How to evaluate affective dimension in Chemistry Education. In Kahveci, M. & Orgill, M. (Eds). Affective dimensions in chemistry education. Heidelberg, Germany: Springer.

Safari. 2004. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non-tes dengan Manual, Kalculator dan Komputer.Jakarta: Depdiknas.

Surapranata, S. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis. Bandung: Remaja Rosda Karya.