1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif, dan kritis sesuai dengan dinamika global.
  2. Memiliki nilai dan wawasan keilmuan Pendidikan dan pembelajaran secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik dan tenaga kependidikan yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global.
  3. Mampu menguasai ilmu biologi dasar dengan menggunakan hakikat sains (NOS) sebagai bekal kemampuan merancang pembelajaran IPA SMP yang inovatif dan produktif dengan memanfaatkan potensi lingkungan lokal dan perkembangan IT
  4. Mampu menguasai ilmu Fisika dasar dan IPBA dengan menggunakan hakikat sains (NOS) sebagai bekal kemampuan merancang pembelajaran IPA SMP yang inovatif dan produktif dengan memanfaatkan potensi lokal dan perkembangan IT
  5. Mampu menguasai ilmu Kimia dasar dengan menggunakan hakikat sains (NOS) sebagai bekal kemampuan merancang pembelajaran IPA SMP yang inovatif dan produktif dengan memanfaatkan potensi lokal dan perkembangan IT
  6. Mampu menganalisis fenomena sains secara terintegrasi untuk memecahkan masalah dengan berpikir kritis dan memanfaatkan IT sebagai sumber data
  7. Menguasai alat bantu penguasaan IPA (matematika, bahasa, komputasi) dan secara kreatif dan inovatif menerapkannya untuk mendukung penguasan sains dan pembelajaran IPA
  8. Menguasai psikologi perkembangan dan teori-teori belajar untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran IPA yang inovatif, produktif, berorientasi pada pengembangan kapabilitas siswa, serta mampu beradaptasi dengan perubahan kurikulum, tekonologi dan lingkungan menjunjung tinggi kepekaan sosial, kenanekaragaman budaya, pandangan dan agama
  9. Mampu menganalisis permasalahan pembelajaran IPA dan menguasai teknik-teknik diagnosis pembelajaran, metode dan analisis data dengan memanfaatkan IT dalam penelitian bidang Pembelajaran IPA dan mengkomunikasikan hasilnya sesuai dengan kaidah ilmiah dengan pendekatan transdisiplin
  10. Mampu menguasai konsep dan prinsip pengelolaan (sekolah, laboratorium IPA SMP, sumber belajar) untuk mengembangkan pembelajaran inovatif, serta mengembangkan edutainment prenuership Alat Peraga /Software Pembelajaran yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat secara mandiri
id_IDIndonesian