Perguruan Tinggi                                         : Universitas Negeri Malang

Fakultas                                                          : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

No SK Pendirian                                            : 62/E/O/2012

Tanggal SK Pendirian                                   : 1 Maret 2012

Pejabat Penanda Tangan SK Pendirian    : Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi

Bulan & Tahun Dimulainya                        : Agustus 2012

Program studi                                               : Pendidikan IPA

Kode Prodi                                                     : 84201

Akreditasi Prodi                                           : B

Jenjang Pendidikan                                     : S1

Jenjang Kualifikasi                                      : 6

Gelar Lulusan                                              : S.Pd.

Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang didirikan pada tanggal 1 Maret 2012 sesuai SK Pendirian Nomor 62/E/O/2012. Program Studi Pendidikan IPA berada di bawah naungan langsung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pendirian Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang dilatarbelakangi oleh fenomena perubahan kurikulum di tingkat SMP/MTs di mana mata pelajaran Fisika dan Biologi disatukan oleh Kementerian Pendidikan menjadi satu mata pelajaran yaitu IPA Terpadu. Hal ini berdampak pada beralihnya guru Fisika dan guru Biologi di tingkat SMP/MTs menjadi guru mata pelajaran IPA Terpadu.

Peralihan tugas guru mata pelajaran Fisika dan Biologi menjadi guru mata pelajaran IPA ini cukup mengakibatkan dampak yang signifikan terhadap proses belajar para siswa di SMP/MTs. Pembelajaran IPA Terpadu menjadi tidak maksimal karena guru mata pelajaran IPA Terpadu umumnya memiliki latar belakang pendidikan yang hanya berasal dari salah satu cabang ilmu IPA yaitu Fisika, Kimia, atau Biologi saja. Fenomena ini membuat Universitas Negeri Malang sebagai salah satu perguruan tinggi berbasis LPTK berinisiatif untuk mendirikan Program Studi Pendidikan IPA yang memang dikhususkan untuk mendidik Calon Guru IPA yang akan ditugaskan di tingkat SMP/MTs sehingga kompetensi keterpaduan pembelajaran IPA dalam dimiliki oleh guru IPA Terpadu di masa yang akan datang.

Pada tahun 2018, Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang melakukan perombakan kurikulum secara menyeluruh. Hal ini sesuai dengan hasil kajian di Universitas Negeri Malang agar setiap Program Studi mengembangkan Kurikulum Berbasis Kehidupan (KBK). Kurikulum Berbasis Kehidupan (KBK) ini berfokus pada bagaimana lulusan Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat secara tiba-tiba di masa yang akan datang. Hal ini membuat seluruh proses perkuliahan harus mengarah pada mempersiapkan mahasiswa menjadi lebih tangguh dalam menghadapi arus perubahan di masyarakat nanti.