KOMPETENSI KELULUSAN

Kualifikasi Lulusan Pendidikan IPA FMIPA UM

Kualifikasi Utama :

    1. Pendidik (Guru) IPA pendidikan dasar.

Kualifikasi tambahan :

    1. Pengelola Laboratorium  IPA sekolah
    2. Peneliti bidang pendidikan IPA sekolah
    3. Pengelola Pendidikan
    4. Penulis dan editor buku ajar IPA sekolah
    5. Wirausahawan alat peraga/software pembelajaran

 

KOMPETENSI KELULUSAN

Kompetensi

Indikator

1. Pedagogik

(1) Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial,kultural, emosional, danintelektual.

(2) Menguasai teori belajar danprinsip-prinsip pembelajaran IPA.

(3) Mengembangkan kurikulummata pelajaran IPA.

(4) Menyelenggarakanpembelajaran IPA yang mendidik.

(5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasiuntuk kepentingan pembelajaran IPA.

(6) Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untukmengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

(7) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun denganpeserta didik.

(8) Menyelenggarakan penilaiandan evaluasi proses dan hasilbelajar IPA.

(9) Memanfaatkan hasil penilaiandan evaluasi untukkepentingan pembelajaran IPA.

(10)Melakukan tindakan reflektifuntuk peningkatan kualitaspembelajaran IPA.

2. Profesional

1) Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikirkeilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA.

  • Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel.
  • Memahami proses berpikir IPA dalam mempelajari proses dan gejala alam.
  • Menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan proses dan gejala alam.
  • Memahami hubungan antar berbagai cabang IPA, dan hubungan IPA dengan matematika dan teknologi.
  • Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum alam sederhana.
  • Menerapkan konsep, hukum, dan teori IPAuntuk menjelaskan berbagai fenomena alam.
  • Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA dalam teknologi terutama yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memahami lingkup dan kedalaman IPA sekolah.
  • Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan pengembangan IPA.
  • Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja di laboratorium IPA sekolah.
  • Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung, dan piranti lunakkomputer untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas, laboratorium.
  • Merancang eksperimen IPA untuk keperluan pembelajaranatau penelitian.
  • Melaksanakan eksperimen IPA dengan cara yang benar.
  • Memahami sejarah perkembangan IPA dan pikiran-pikiran yang mendasari perkembangan tersebut.

(2) Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran IPA.

(3) Mengembangkan materi pembelajaran IPAsecara kreatif dan inovatif.

(4) Mengembangkankeprofesionalan secaraberkelanjutan denganmelakukan tindakan reflektif.

(5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri

3. Kepribadian

(1) Bertindak sesuai dengannorma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.

(2) Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagipeserta didik dan masyarakat.

(3) Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.

(4) Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.

(5) Menjunjung tinggi kode etikaprofesi guru.

4. Sosial

(1) Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi

(2) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.

(3) Beradaptasi di tempatbertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial b udaya.

(4) Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *