Kualifikasi Lulusan Pendidikan IPA FMIPA UM

Kualifikasi Utama :

    1. Pendidik (Guru) IPA pendidikan dasar.

Kualifikasi tambahan :

    1. Pengelola Laboratorium  IPA sekolah
    2. Peneliti Bidang Pendidikan IPA sekolah
    3. Pengelola Pendidikan
    4. Penulis dan Editor Buku Ajar IPA sekolah
    5. Wirausahawan Alat Peraga/Software Pembelajaran

STANDAR CAPAIAN MINIMAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA FMIPA UM

SIKAP
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik;
PENGETAHUAN
  1. Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan prosedur bidang inti IPA;
  2. Menguasai dasar-dasar pendidikan, teori belajar, karakteristik peserta didik, strategi, perencanaan, media dan sumber belajar, serta evaluasi pembelajaran IPA secara terpadu;
  3. Menguasai konsep teoritis pemecahan masalah dalam pendidikan IPA secara prosedural melalui pendekatan ilmiah;
  4. Menguasai pengetahuan tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan IPA;
  5. Menguasai dasar-dasar perencanaan dan pengelolaan sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium, sekolah atau lembaga pendidikan di bawah tanggung jawabnya;
  6. Memiliki pengetahuan tentang hakekat sains (Nature of Science, NOS) terutama bagaimana sains dikembangkan oleh ilmuwan dan pengetahuan tentang cara pengintegrasian ilmu dasar IPA (fisika, kimia, biologi dan pengetahuan bumi – antariksa) sebagai IPA terpadu SMP sesuai standar nasional pendidikan.
KETERAMPILAN UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  10. Memiliki kemampuan mengintegrasikan ilmu dasar IPA (fisika, kimia, biologi dan pengetahuan bumi – antariksa) sebagai IPA terpadu, menguasai cara pengembangan kurikulum, merancang berbagai strategi pembelajaran IPA yang sesuai dengan hakekat IPA sebagai inkuiri, merancang dan melaksanakan asesmen untuk berbagai kepentingan, serta dapat mengembangkan program pembelajaran IPA (instructional design) untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah;
  11. Memiliki kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran IPA sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi IPA, melalui pendekatan ilmiah dengan memanfaatkan media dan sumber belajar berbasis IPTEK dan potensi lingkungan setempat, sehingga peserta didik memiliki pengetahuan, keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan mampu berpikir kritis/ berpikir tingkat tinggi dan kreatif dalam menyelesaikan masalah.
KETERAMPILAN KHUSUS
  1. Melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran IPA yang berorientasi pada standar nasional pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS;
  2. Merancang dan menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran IPA berbasis IPTEKS untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran IPA;
  3. Melakukan penelitian dengan memanfaatkan IPTEKS yang dapat digunakan dalam memberikan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan IPA;
  4. Merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;
  5. Mampu melakukan adaptasi terdahap perubahan kurikulum dalam pengembangan pembelajaran IPA di sekolah yang mengarah pada kemampuan tingkat tinggi siswa;
  6. Mampu mendesain alat-alat (simulasi) percobaan IPA serta melakukan eksperimen melalui kegiatan laboratorium dan/atau simulasi komputer dan mengelola laboratorium pendidikan sains untuk kepentingan pembelajaran serta mampu melakukan penelitian pendidikan IPA dan mempublikasikan hasil-hasilnya melalui forum ilmiah;
  7. Memiliki kemampuan dalam mengelola sekolah sebagai institusi pendidikan dan memiliki pengetahuan  kewirausahaan serta mampu mengembangkannya.