Pada hari Kamis, 25 Maret 2021, Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang menerima kunjungan dari rombongan Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga di Gedung B23 Ruang 102. Kedatangan rombongan dari Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga dalam rangka melaksanakan studi banding/benchmarking dengan Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang. Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga memilih Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang untuk melaksanakan studi banding karena Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang dianggap sebagai salah satu Program Studi Pendidikan IPA di Indonesia yang memiliki pondasi yang kuat baik dalam hal kurikulum maupun dalam hal pengelolaan Program Studi dan Kemahasiswaan.

Rombongan Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga yang melakukan studi banding terdiri dari empat orang yaitu Wakil Dekan Kemahasiswaan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Hammam, M.Pd., Ph.D., Ketua Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga, Dr. Eni Titikusumawati, M.Pd., Sekretaris Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga, Anggun Zuhaida, M.Pd., dan Tendik Administrasi Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga. Tim Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang yang menyambut kedatangan rombongan Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga adalah Koorprodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang, Dr. Munzil, M.Si. dan semua dosen Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan dari dosen-dosen Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang dan dilanjutkan dengan perkenalan dari anggota rombongan Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga. Kegiatan dilanjutkan dengan membahas beberapa kebijakan dan implementasinya di Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang yang ditanyakan oleh pihak Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga, diantaranya:

  1. Model keterpaduan IPA dan implementasi Program MBKM di kurikulum Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang.
  2. Cara Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang menumbuhkan kesadaran tentang plagiarisme mulai dari awal masuk kampus hingga menulis skripsi.
  3. Prestasi akademik dan non akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang.
  4. Kebijakan One Student One Publication Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang.
  5. Kebijakan HKI untuk hasil skripsi Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang.
  6. Pengelolaan Jurnal Pembelajaran Sains yang dikelola Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang.
  7. Pengelolaan laboratorium di Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang.

Setelah Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga mendengarkan penjelasan mengenai kebijakan dan implementasi dari hal-hal di atas di Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi laboratorium Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang yang ada di Gedung B23, diantaranya:

  1. Laboratorium Pembelajaran IPA
  2. Laboratorium Micro Teaching
  3. Laboratorium Komputer
  4. Laboratorium Media Pembelajaran Digital
  5. Laboratorium IPA Terpadu 1
  6. Laboratorium IPA Terpadu 2

Setelah kunjungan ke laboratorium, Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang juga membahas kemungkinan terjalinnya kerja sama dengan Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga dalam berbagai bidang. Contohnya bidang kemahasiswaan, join research, pertukaran mahasiswa, dan seminar nasional. Kegiatan studi banding diakhiri dengan saling bertukar kenang-kenangan antara Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga dengan Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang.