Yang disajikan berikut ini adalah informasi awal sebelum terbitnya surat pemberitahuan secara resmi, agar peserta bisa bersiap lebih dulu.

Sebelum workshop dimulai, akan dilaksanakan kegiatan lapor diri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1. Peserta harus telah lulus dari pembelajaran daring, yang akan diumumkan secara resmi oleh Kemendikbud/Kemenristekdikti, dan telah mengisi biodata di http://ppg.ristekdikti.go.id/

2. Lapor diri dilaksanakan pada 4-5 Maret 2019 jam 08.00-15.00 WIB, bertempat di Bagian Akademik UM, Graha Rektorat Lantai 2, dan tidak boleh diwakilkan.

3. Persyaratan yang harus disiapkan/dilakukan:
Calon mahasiswa melakukan registrasi secara online pada laman: http://registrasi.um.ac.id, setelah keluarnya pengumuman kelulusan.
– Membawa lembar biodata hasil registrasi online di laman http://registrasi.um.ac.id dan ditempel pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm.
– Membawa fotocopy Ijasah S1 (dan S2 atau S3 bila memiliki), yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi asal atau Kopertis (bukan oleh Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan, atau lembaga lain yang tidak berwenang). Lampirkan juga keterangan perbaikan ijasah dari kampus bila ada (misal karena salah penulisan data di ijasah),
– Membawa format A1 yang telah ditandatangani Kepala Sekolah dan distempel basah. Format A1 didapat dari web http://sergur.id
– Membawa pakta Integritas yang telah ditandatangani peserta, di atas materai Rp. 6000. Format pakta integritas didapat dari web http://sergur.id
– Membawa fotokopi Kartu Keluarga
– Membawa Surat Tugas mengikuti lokakarya PPG dalam jabatan di UM Tahap I tahun 2019, dari Kepala Sekolah/Dinas Pendidikan/Yayasan.

Selanjutnya dilaksanakan kegiatan orientasi akademik pada 6 Maret 2019 (informasi tempat menyusul). Bersamaan dengan itu, akan dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kemendikbud dengan mahasiswa PPG Dalam Jabatan, dan pembukaan rekening BNI untuk penyaluran bantuan biaya PPG dalam jabatan. Persyaratan yang harus dibawa:
1. Fotokopi KTP (2 lembar), Fotokopi NPWP (1 lembar, bagi yang memiliki), Fotokopi Ijasah S1 (1 lembar), dan materai bernilai Rp. 6.000 (3 lembar).

2. Peserta memakai hem/baju warna putih, celana panjang/rok panjang warna hitam (jilbab menyesuaikan), dan jas Almamater UM (didapatkan saat lapor diri).

Rangkaian kegiatan selanjutnya:
1. Workshop di masing-masing prodi pada 8 Maret sampai 11 April 2019, pada hari Senin sampai Sabtu pukul 07.00-17.30 WIB. Mapel Guru Kelas SD dan Guru Kelas PAUD melaksanakan workshop di UM Kampus 2 (Sawojajar), mapel lainnya di kampus pusat (Jl. Semarang). Busana: pakaian bebas, sopan, dan rapi. Peserta tidak meninggalkan lokakarya untuk keperluan lain termasuk untuk mengajar di sekolah asal.

2. Uji pengetahuan (UP) yang dilaksanakan di kampus UM (Waktu ujian akan diumumkan menyusul)

3. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) pada tanggal 15 April – 4 Mei 2019 di sekolah mitra yang ditunjuk oleh UM. Pada akhir PPL akan dilaksanakan Uji Kinerja (tanggal 29 April – 4 Mei 2019). Lokasi sekolah tempat pelaksanaan Uji Kinerja akan ditetapkan kemudian.

Untuk menunjang kegiatan pembelajaran, peserta harap membawa bahan ajar/media/RPP yang sesuai, serta laptop.